Home » » Makna Dari Seorang Kawan, Teman dan Sahabat

Makna Dari Seorang Kawan, Teman dan Sahabat

Sekedar info...
Ada pepatah yang mengatakan bahwa "Seribu kawan masih kurang, Satu musuh kebanyakan". Ini berarti bahwa jika kita memiliki banyak teman maka kita akan mendapatkan banyak manfaat baik secara langsung maupun tidak langsung sehingga kita diharapkan berteman dengan orang banyak. Di sisi lain kita juga harus menghindari permusuhan dengan orang lain karena hanya mendatangkan kerugian bagi kita.
Orang yang egois, keras kepala, culas, munafik, pelit, sombong, dengki, dan sebagainya cenderung sangat mudah untuk membuat musuh dan dijauhi oleh orang-orang di sekitar kita. Tetapi orang yang dermawan, suka menolong, suka membantu, gotong royong, baik hati, rendah hati, jujur, sopan, dll akan sangat mudah mencari teman dan kawan pun akan datang dengan sendirinya.
Ada baiknya apabila kita lebih selektif dan mengetahui bagaimana tipe/sifat dan watak dari teman-teman tersebut.
Dapat diambil sebagai contoh: seorang teman yang datang kepada anda dengan menangis dan sedih karena suatu masalah yang dialaminya lalu anda mencoba untuk menghiburnya sebisa mungkin dan setulus mungkin, akan tetapi pada akhirnya setelah masalah yang dihadapi oleh teman anda tersebut selesai serta terpecahkan.. anda malah mendapatkan kenyataan bahwa teman anda tersebut mengejek-ejek dan mencemoohkan diri anda.
Dapat juga diambil sebagai contoh.. anda menolong seorang teman dengan ikhlas dan tulus disaat dia sangat memerlukan bantuan anda sedangkan anda mendapatkan perlakuan sebaliknya dari teman tersebut (disaat anda tidak ada teman tersebut mengatakan hal-hal yang jelek tentang diri anda, memfitnah, mengejek, menghina, dan lain sebagainya).
Akan tetapi tidak sedikit pula teman-teman yang membalas kebaikan dan bantuan anda seperti apa yang telah anda lakukan kepada mereka (tanpa ada paksaan, ancaman dan tuntutan dari anda).
Dari contoh-contoh tersebut diatas, dapat dilihat ada beberapa karakter dari teman-teman yang kita miliki:
  • Kawan : seseorang yang kita kenal tetapi tidak akrab.
  • Teman : seseorang yang kita kenal dengan akrab, akan tetapi tidak dapat saling berbagi disaat susah dan senang
  • Sahabat : seseorang yang kita kenal akrab dan kita dapat saling berbagi dengan mereka disaat susah dan senang (timbal balik).
Dalam suatu hubungan apapun itu, sangat dituntut adanya kesabaran. Yang menjadi persoalan adalah seberapa sabar anda menghadapi sifat/karakter dari teman-teman yang anda miliki ?? :)

Seperti kata pepatah diatas "Seribu kawan masih kurang, Satu musuh kebanyakan", maka ada baiknya kalau kita selektif dalam memilih teman.

Termasuk yang manakah diri kita ?? :)

"Janganlah kamu bersedih hati kecuali karena sesuatu yang akan mencelakakanmu esok di akhirat, dan Janganlah kamu bersenang hati, kecuali karena sesuatu yg akan menye-nangkannya di alam keabadian nanti". (Abdullah bin Khubaiq)
Share this article :

No comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2012. Sekedar Info . All Rights Reserved
About me | Contact me | Privacy policy | Site map
Template Modify by Creating Website. Inpire by Darkmatter Rockettheme Proudly powered by Blogger