Home » » Cara Mengetahui IP Address PC

Cara Mengetahui IP Address PC

Sekedar info

Memperkecil topik dari postingan sebelumnya, pada kesempatan kali ini kita hanya akan mencari cara untuk mengetahui IP Address dari jaringan internet komputer sendiri.
Sebelum kita mencari cara untuk mengetahui IP address, ada baiknya kalau kita mengetahui apa yang dimaksud dengan IP address itu sendiri :)

IP Address/Alamat IP (Internet Protocol Address atau sering disingkat IP) adalah deretan angka biner antar 32-bit sampai 128-bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan Internet. Panjang dari angka ini adalah 32-bit (untuk IPv4 atau IP versi 4), dan 128-bit (untuk IPv6 atau IP versi 6) yang menunjukkan alamat dari komputer tersebut pada jaringan Internet berbasis TCP/IP.
(apa itu IPv4, IPv6 dsb ?? hehehehe.. silahkan diamati dan dicari sendiri karena kali ini kita hanya membahas tentang cara mengetahui IP Address).

Untuk mengetahui IP Address komputer dapat dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya: menggunakan command prompt, melalui status "local area network", ataupun melalui tool dari pihak ketiga.

Pada kesempatan kali ini kita hanya akan mencari IP Address dengan command prompt, caranya tinggal klik sama ketik :)
  • klik start menu > run > ketik cmd > enter
  • pada jendela command prompt > ketik ipconfig > enter (akan muncul IP Address komputer anda disertai Subnetmask, Gateway dan DNS server yang anda gunakan.
Jika anda berada di suatu jaringan LAN (warnet/kantor) dan anda menggunakan koneksi internet yang merupakan sharing dari komputer lain, maka anda hanya akan mengetahui IP Address, Subnetmask, Gateway dan DNS server jaringan lokal (bukan IP Address, Subnetmask, Gateway, dan DNS server dari Internet Service Provider anda).

Untuk dapat melihat IP Address, Subnetmask, Gateway, dan DNS server dari Internet Service Provider anda cukup dengan menambahkan /all seperti pada cara diatas sehingga menjadi ipconfig/all.

hmmm.. setelah dipikir-pikir, untuk apa kita mencari ip address ?? hehehehe.. silahkan anda yang menjawab sendiri karena anda yang membaca dan mencari :))

semoga bermanfaat..
Share this article :

No comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2012. Sekedar Info . All Rights Reserved
About me | Contact me | Privacy policy | Site map
Template Modify by Creating Website. Inpire by Darkmatter Rockettheme Proudly powered by Blogger